Friday, September 26, 2008

Fenomena Lagu Daur Ulang

Fenomena yang sering menjadi tren di dunia musik adalah pendaurulangan sebuah lagu. Dulu mungkin kita sering mendengarkan lagu-lagu lama dinyanyikan ulang oleh artis baru namun dengan cara yang berbeda tujuannya adalah untuk menarik para pendengar. Namun sekarang entah mengapa lagu-lagu yang baru “ngebooming” sudah dinyanyikan ulang oleh artis lainnya. Contohnya Westlife yang memang terkenal dengan hobi mereka mendaur ulang sebuah lagu, menyanyikan ulang lagu You Raise Me Up yang dipopulerkan oleh Josh Groban notabene lagu ini juga lagu lama yang dinyanyikan ulang oleh Josh groban namun menjadi hit dan lagu Home milik Michael Buble. Sayangnya, lagu-lagu tersebut dibawakan ulang dengan style yang tidak jauh berbeda dari versi aslinya.

Anda kenal Rihanna? Tentu dengan lagu Umbrellanya yang diperdengarkan di akhir 2007 dan awal tahun 2008. Lagu itu pun tidak ketinggalan didaur ulang oleh Marie Digby dengan versi akustiknya. Lagu Rihanna berjudul Don’t Stop The Music pun dibawakan ulang dengan style soul. Lagu Leona Lewis yang berjudul Bleeding in Love tak ketinggalan dinyanyikan ulang padahal lagu ini tergolong baru. Duffy seorang penyanyi pendatang baru dari Inggris mengeluarkan single pertama berjudul Mercy dan di daur ulang juga oleh band yang juga tergolong baru di dunia musik Amerika yaitu One Republic.

Rupanya pihak-pihak tersebut mencari peruntungan dari lagu-lagu yang sempat menjadi hit di banyak tangga lagu. Lagu-lagu tersebut dibawakan dengan versi yang benar-benar baru tapi ada juga yang serupa dengan yang terdahulu. Berharap keberuntungan dan ketenaran itu juga menghampiri mereka.

1 comment:

Teguh Prasetyo said...

ada info info daur ulang yang lenkap gk tentang westlife..?? post in donk,,