Friday, September 5, 2008

Ciamik dan Unik

Adhitia Sofyan. Bisa dikatakan Adhitia Sofyan termasuk dalam kategori seorang musisi yang meskipun tidak menghabiskan seluruh waktunya di dunia musik. Dia menyebut dirinya sebagai “musisi kantoran” (seorang musisi yang juga kerja di kantor). Dia mengaku mulai belajar musik sejak umur 14 tahun. Darah seninya diturunkan dari sang ibu yang juga menjadi pengajar di Yayasan Musik Indonesia.

Sejak pertama kali saya mendengarkan single yang dipopulerkan oleh Adhitia, jujur saya langsung jatuh hati. Permainan musiknya begitu manis, ciamik dan unik. Lagu pertama yang saya dengar lewat salah satu stasiun radio, berjudul “Adelaide’s Sky”. Saya langsung terpukau dengan setiap petikan gitar akustiknya. Jarang ada jenis musik seperti ini di mainstream musik Indonesia khususnya untuk saat ini. Mungkin karena pasar belum menginginkan jenis musik macam ini. Tak ayal para musisi yang ingin memasuki major label pun enggan mengambil risiko.
Menurut pendapat saya, setiap kali mendengar Adhitia memainkan lagu-lagunya saya seperti mendengar jenis musik yang dimainkan oleh John Mayer, Jack Johnson, Landon Pigg ataupun Kings of Convenience yang kental dengan petikan gitar akustik. Karena tidak dikejar target materi dan hanya ingin agar musiknya didengar oleh orang lain, Adhitia memilih untuk menjauh dari mainstream musik Indonesia dan bermain musik sesuai kata hatinya.

Tidak hanya “Adelaide’s Sky”, ternyata lagu “Memilihmu” juga tergolong unik bahkan mulai dari lirik. Lihat saja potongan lirik lagu tersebut berikut ini:
Memilihmu penuh kesiapan dan mental
Bagai memilih masuk ke sekolah unggulan
Memilihmu bisa makan waktu yang panjang
Satpam depan suruh aku ambil nomor tunggu
Aku tak pernah jadi murid yang terpandai
Menunggu lama s’lalu membuatku bosan
Dan bawa pergi mimpiku berlalu

Satu hal lagi yang saya sukai adalah dia sempat memainkan jingle Putuss (salah satu acara di Pramborsfm) dengan gaya bermusiknya sendiri yang membuat jingle tersebut terdengar sangat manis. Sampai saat ini bisa dikatakan jingle Putuss favorit saya adalah ya versi Adhitia Sofyan.

1 comment:

Anonymous said...

Hi, full album (demo version) sudah bisa di download di

http://adhitiasofyan.wordpress

cheers.